Tinta SW (Super White)..seperti apa sih? 25/06/2014 – Posted in: Tentang Sablon – Tags: , , , , , ,

Minggu-minggu terakhir ini ada beberapa orang yang datang ke tempat kami dengan maksud mereka membuat kaos. Pertanyaan yang pertama mereka ajukan adalah “Bisa sablon SW ga mas? “, tentu saja kami katakan “bisa mas”, lalu dilanjutkan dengan mereka menunjukkan desain dari kaos yang akan di pesan. Tenyata desain yang diberikan adalah ngeblok kotak berwarna putih…dimana mereka ingin membuat di kaos hitam…nah loh…gawat nih urusan….

Percakapan berlanjut.. kami menyarankan untuk jangan menggunakan SW, karena SW sifatnya menyerap dan ga mungkin bisa jadi seperti preview yang mereka berikan. Mungkin karena mereka belum faham apa yang dimaksud SW, jadi mereka rada ngotot mintanya tetep SW…waduh… #tepokjidat….dengan sabar kami menjelaskan sekaligus memberikan contoh dari hasil sablon SW itu kaya gimana…akhirnya mereka faham. Seperti dugaan awal, meraka ngotot karena belum faham seperti apa sablon SW.

Ok disini saya coba menjelaskan sedikit mengenai apa itu SW..

IMG_20140814_114153 copyGambar di atas adalah contoh perbandingan hasil sablon antara Rubber White dan Super White..terlihat kalau Rubber white lebih kontras daripada Superwhite (SW)

SW adalah kepanjangan dari Super White, kalo produknya matsui namanya SW berarti Soft White…ga tau juga asal muasal kenapa qo disebut Super White, karena kalo menurut saya qo lebih tepat Soft White…ah embuh lah.. memang kalo dari namanya yaitu Super White yang ada dibayangan orang awam (termasuk saya ketika masih belum faham) adalah hasil sablonan yang sangat putih, tajam dan halus, namanya aja Super White, kalo arti dalam bahasa Indonesia jadi Super Putih, kalo bahasa sehari-hari ya Putih Banget atau Sangat Putih…Tapi sebenernya ga begitu..makanya saya merasa lebih tepat kalo disebut Soft White

Jadi tinta Super White adalah Jenis Tinta Waterbase yang sifatnya menyerap ke kain, karena menyerap ke kain, sablon yang dihasilkan juga tidak akan bisa sangat putih seperti Rubber yang sifatnya menyerap dan menutup serat. Mau di gesut bolak balik juga hasilnya ga akan bisa seputih rubber, yang ada nanti tripleknya yang jadi putih.

Tidak semua desain cocok menggunakan aplikasi Super White. Untuk desain dengan gambar yang ngeblok kontras, ga akan bisa pake Super White. Biasanya Super White di gunakan untuk gambar yang sifatnya abstrak, gambar retak-retak, ataupun di internet ada desain kaos washout, coba aja googling, dimana hasil sablonnya seperti sudah lama di cuci….keren sih emang, tapi sekali lagi desain anda juga harus pas.

Mungkin cuma itu yang bisa saya sampaikan mengenai tinta SW alias Super White…semoga bisa menambah wawasan anda mengenai jenis tinta sablon.