Mudahnya berjualan di Blibli – Geliat usaha para UKM saat ini sudah mulai menunjukan hasil. Salah satunya adalah banyaknya orang yang berjualan di Marketplace. Baik itu Bukalapak, Tokopedia, Shopee, maupun Blibli saling menawarkan kemudahan untuk para UKM ini untuk brtjualan secara online. Setelah kemarin sudah dijelaskan tentang cara berjualan di Bukalapak, Shopee dan Tokopedia, kali ini aka saya jelaskan kepada anda bagaimana berjualan di Blibli.com. Untuk bisa berjualan disini, syarat yang dibutuhkan adalah email, nomor ktp, nomor rekening dan NPWP.

 

Perlu anda ketahui. Bibli.com agak berbeda dibanding Bikalapak dan Tokopedia. Selain tambahan NPWP, sistem di Blibli juga berbeda. Jika anda berjualan di blibli, anda akan dikenakan deposit sebanyak Rp500.000,00 dan hanya bisa diambil saat anda sudah ttidak berjualan di Blibli. Namun ada banyak kelebihannya juga. Semua transaksi anda bisa dipantau bahkan disediakan pengunduhan file dengan format excel agar anda bisa menghitung alur transaksi yang ada di toko anda. di blibli ada dua macam penjual, yaitu Pribadi dan Kelompok/Perusahaan.

 

  • Untuk UKM dan Wiraswasta bisa pakai akun yang Personal terlebih dahulu.

 

  • Tampilan awal https://www.blibli.com seperti ini.

  • Anda bisa klik Jual di blibli.com. lengkapi data:
  • Informasi Akun: yang meliputi nama toko, email, nomor telpon untuk ferivikasi kode, pasword, foto KTP, dan foto NPWP klik selanjutnya.

  • Informasi Toko: kolom alamat pengiriman barang. disini ada penjelasan komisi perjanjian anda dengan blibli.

  • Informasi Administrasi: isikan nomor rekening untuk mencairkan transaksi

  • Selamat, anda sudah terdaftar menjadi seller blibli. Silahkan Login kembali.
  • atau anda bisa mengakses di https://merchant.blibli.com/ untuk login lain hari. Setelah pendaftaran selesai. Blibli akan memeriksa data anda sebagai seller. selama itu pula anda belum bisa mengunggah produk untuk dijual. Sembari data anda diperiksa, anda bisa mengunjungi pusat informasi untuk mulai mempelajari cara berjualan di blibli.

  • Catatan, setelah akun anda diverifikasi oleh blibli, disarankan untuk degera mengungah produk anda di blibli, karena kalau sampai anda terlawat enggak mengunggah produk melebihi 30 hari setelah proses verifikasi, maka akun anda akan experied, dan solusinya harus membuat akun baru lagi karena sudah tidah bisa digunakan lagi. Dan artinya anda harus memulai proses pendaftaran mulai dari awal lagi. Dengan nama toko yang berbeda dan email yang berbeda pula.

 

  • Untuk mengunggah produk single satuan. Pilih master produk yang suda tersedia di blibli. mudahnya adalah juka anda menupload data produk anda dengan master yang sudah ada, produk anda tidak akan mealui yang namanya quality control terlebih dahulu.
  • Caranya :

 

  1. Pilih ‘Produk’
  2. pilih ‘Tambah Satu Produk’.
  3. Kemudian cari produk yag sudah ada di blibli untuk anda unggak ke produk anda.
  4. Jika produk yang anda cari tersedia, pilih ‘Jual Produk’ ini
  5. Dan pada mennu selanjutnya, pada tab Tambah Produk Baru, ada menu features yang haru anda isi untuk melengkapi data produk. Atur harga, stok, tampilkan di iklan serta pengaturan supaya produk anda bisa dibeli.
  6. Pilih kolom Pickup Point juka pengiriman yang anda siapkan adalah pengiriman reguler, kemudian klik Lanjutkan.

7, Kemudian pilih Simpan. Tadaaaa.. produk yang anda buat baru daja sudah ditampilkan oleh blibli.

 

Sedangkan untuk menjual produk secara masal, (bulk) anda perlu mengunggah nya di dalam file excel serta gambar yang sudah di simpan dengan ekstensi .zip yaitu sebagai berikut.

 

  1. Pilih Produk
  2. 2. Tambah Bulk Produk

3.Pilih kategori produk anda. Karena nantinya akan ada file excel yang harus anda unduh untuk diisikan sesuai kategori produk anda.

  1. Isikan detail produk anda di kolom sheet excel yang baru saja anda unduh

5, Isikan semua deskripsi sesuai dengan kolom yang ada, jika ada yang tidak perlu diisi tuliskan saja NO, dan jangan dikosongkan sama sekali

  1. Untuk kolom-kolom yang memiliki “dropdown” seperti Pickup Point, Warna Barang dan Brand dipilih didalam dropdownnya saja. hindari penulisan secara manual karena dikhawatirkan malah tidak bisa diunggah.
  2. Dan ini yang penting. Untuk kolom IMAGE, untuk pengisiannya nama file nya harus disertakan format gambar yaitu .JPG di akhir nama. Contohnya (kaos.JPG). Dan standar untuk ukuran minimal gambar adalah 600×600 untuk mengetahuinya anda bisa klik kanan pada gambar. Kemudian pilih properties dan pilih detail.
  3. Harap diingat, mana gambar satu, dan yang mana gambar dua, karena untuk pengunggahan gambar anda harus mengubah file tadi ke format zip. Setelah file excel selesai diisi, anda bisa langsung mengunggahnya ke kolom yang disediakan di blibli untuk file excel, dan isikan kolom gambar dengan mengunggah gambar yang sudah anda format ke .zip. Cara mengubah gambar ke Zip bisa anda lakukan dengan klik kanan pada gambar dan tinggal pilih to Zip.

9 Jika file yang anda unggah sudah benar, maka anda akan dialihkan ke tab produk dan menunggu proses pengunggahan.

 

Anda sudah berhasih mengunggah produk ? Selamat datang di blibli.com 🙂