Jualan Online Mudah dan Menguntungkan di JD.ID – Online shopping dengan tagline ‘make the joy happen’ yang berarti menghadirkan kebahagiaan diusung oleh e-Commerce JD.id. Yang mana mengedepankan pelayanan handal, aman dan cepat dengan serangkaian produk yang berkualitas serta dengan harga yang kompetitif.

JD.id sendiri pertama kali muncul dan beroperasi di Indonesia sejak November 2015, dengan 12 kategori pilihan produk. Namun seiring maraknya pengguna, katergorinya terus bertambah dan bervariasi hingga luxury. Untuk berjualan di JD.id, anda perlu mengeklik daftar menjadi seller atau menggunakan tautan https://seller.jd.id/register.do yang tampilannya seperti dibawah ini. Lengkapi data diri seperti nama, nomor KTP NPWP dan data laiinya yang disyaratkan.

Setelah membuat akun seller, produk yang diupload tidak akan langsung muncul seketika. Mengapa? Karena harus melewati proses auditnya oleh tim quality control JD.id. Agar barang yang diupload ini terjaga kualitasnya, oleh tim mereka. Memang agak berbeda dengan proses sistem e-commerce lainnya. Tidak dipungkiri setiap platform e-commerce memiliki aturan sendiri-sendiri, dan kita harus menghargainya. Di sini kita dituntut untuk bersabar, pun ada 4 hal yang perlu diperhatikan seller untuk bisa lolos dalam proses auditnya. Apa sajakah hal ini? Hayuk intip:

1. SKU Name / Product Name

Tim quality control JD.id sangat ketat dalam menyeleksi barang dagangan atau produk yang kita jual. Mengapa? Karena produk seller agar cepat dicari oleh konsumennya, dengan mudah mereka harus memerhatikan beberapa proses saat seller memberikan nama produknya. Yang seller wajib perhatikan adalah:

Penamaan produk harus jelas dan benar
Nama produk dan fotonya juga harus cocok
Nama produk tidak boleh nama dari resellernya
Nama produk harus ditulis dengan model ‘Title Case’
Jauh lebih baik produknya diberikan spesifik soal ukuran dan warnanya. Dan aturan lainnya.

2. Foto Product

Foto produk sebuah toko online, adalah salah satu kunci utama seseorang akan membeli barang. Maka wajib bagi seller di JD.id untuk membuatnya tampil menarik dan cantik, hal yang perlu digarisbawahi adalah:

Foto produknya harus jelas tidak boleh blur atau stretch
Produk harus terlihat 80% dari semua fotonya
Foto harus fokus, tidak boleh melenceng dari produk yang akan dijual
Foto utama yang diupload usahakan potrait
Foto dan deskripsi harus cocok dan sesuai
Tidak boleh ada unsur SARA di dalam fotonya
Foto produk jangan tertutup watermark milik seller

3. Deskripsi Product

Selain foto produk, deskripsi adalah hal yang paling dibutuhkan oleh pembeli. Oleh sebab itu seller wajib, memberikan keterangan detail soal produk yang dijualnya. Perhatikan deskripsi produknya dari:

Penjelasan produk harus jelas, minimal satu paragraf dengan dua kalimat.
Atribut produk yang dibutuhkan, dari warna, ukuran dan material harus jelas
Gunakan tata bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh konsumen
Sertakan juga informasi soal shipping, atau pengiriman baik dalam bahasa Indonesia maupun english
Jangan lupa sertakan jaminan produk di dalam deskripsi
Tidak boleh menyertakan alamar nomor telepon seller, di dalam deskripsi.

4. Kategori Product

Kategori yang dipilih harus benar, jangan sampai salah. Mengapa? Agar konsumen dalam menemukan produknya, mudah. Makanya harus sesuai dengan kategorinya, seperti misalnya sendok dan garpu masuk ke dalam peralatan dapur bukan ke kategori peralatan kantor.

Saat kita merasa bingung atau memiliki masalah terkait dengan penjualan di JD.id jangan panik. Ada tim seller Support yang akan membantu dengan cepat dan tanggap. Dimana anda harus menghubungi? Langsung saja telepon ke 021-8068-1001 bisa juga dengan email ke seller.support@jd.id dan juga anda bisa mempelajari sistem berjualan JD.id melalui link berikut ini: academy.jd.id

Jadilah seller yang bijak dan cerdas dalam memahami aturan e-commerce yang anda jadikan rujukan untuk berjualan. Pahami dan teliti kembali setelah upload produk, jangan sampai ada yang salah mengenai foto atau deskripsi dan sebagainya. Selamat berjualan, semoga laris manis.