Jenis-Jenis Bahan Kaos 18/02/2014 – Posted in: Tentang Kaos – Tags: ,

Disini saya akan coba sharing informasi mengenai bahan kaos yang biasa di gunakan untuk kaos oblong. Karena banyak orang yang belum faham betul ada berapa jenis bahan kaos, mana yang paling bagus, mana yang murah, mana yang nyerap keringet mana yang ngga, dan lain-lain. Namun tanpa bermaksud menggurui ya..soalnya saya sendiri masih dalam level belajar…jadi kalo ada yang salah atau keliru harap maklum..

1. Bahan Cotton Combed
Bahan katun combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih.
Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2) combed, Ada combed 20s, 24s, 30s, bahkan ada juga yang menggunakan 40s (padahal buat saya 30s aja udah tipis..hmmm..). hal yang membedakan adalah ketebalan kain combed.
Kain 20s memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan 24s ataupun 30s…inget ya jangan kebalik…semakin gede angkanya, semakin tipis..
Pasti ada yang tanya, bagus mana sih 20s sama 30s? jawabannya : sama bagusnya, soalnya tiap orang seleranya beda-beda..ada yang seneng tipis,ada yang seneng tebel…karena harganya baik 20s maupun 30s sama saja..
Yang perlu di perhatikan adalah bahan cotton combed adalah kain kaos yang paling mahal dibandingkan yang lain, soalnya kualitasnya emang paling bagus (lembut, adem, enak dipake dll), kalo kata pepatah jawa “ono rego Ono Rupo” yang kurang lebih terjemahannya ada harga ada kualitas.

2. Cotton CARDET
Dibandingkan dengan kain combed , kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.
Cuma kalau untuk distro cotton combed jauh lebih recomended. Jadi cuma selisih 3-5rb per kaos mendingan pake cotton combed aja…cuma saran loh…

3. POLYESTER dan PE
Polyester sesuai namanya, merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester, ester itu bukan nama orang ya..tapi adalah hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly makanya namanya jadi POLYESTER. Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat, yang jelas dipakenya panas..

4. TC (TETERON COTTON)
Bahan TC merupakan campuran antara Cotoont dan Polyester. biasanya komposisinya dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat walaupun memang ga sepanas pake PE. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.

5. VISCOSE
Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

6. CVC ( COTTON VISCOSE)
Jenis bahankaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

7. HYGET
Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos, kalo orang bilang bahan ini bahan saringan tahu. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai.

Itu sedikit gambaran mengenai jenis bahan kaos yang banyak di pakai untuk kaos oblong. Silakan di sesuaikan dengan budget yang ada miliki dan kebutuhan yang anda butuhkan. Kalo bugdet mepet ya jangan berharap bahan yang bagus, tapi kalo bugdet banyak mending yang bagus sekalian. Semoga bisa jadi referensi buat anda semua yang mau buat kaos ya.