Cara Mudah Berjualan di Shopee – Di era milenial ini, jualan online sudah menjadi tren yang sedang naik daun. Mungkin kedepannya ini bukan sekedar tren, melainkan sudah menjadi salah satu kegiatan usaha yang dipandang menjanjikan keuntungan luar biasa. Marketplace sebagai salah satu tempat berjualan yang sedang menjadi primadona. Apalagi untuk mereka yang memiliki banyak kesibukan, tidak sempat kemana-mana. Hal ini menjadi nilai tambah bisa berjualan di Bukalapak, Tokopedia, maupun Shopee untuk para pelaku usaha.

 

Lahan segar inilah yang perlu diketahui oleh pelaku usaha, apalagi mereka yang ingin berbisnis online. Jika anda ingin memulai bisnis berjualan di Shopee, pertama tama yang harus dipersiapkan adalah email, nomor telpon aktif, nama toko,foto profil toko anda dan nomor rekening.

Berjualan di Shopee memang jualan yang paling mudah, dibandingkan dengan marketplace lainnya. Tapi, pastikan anda melakukan langkahnya dengan benar. Apa saja Cara Mudah Berjualan di Shopee? Yuk kita praktikkan, step by stepnya:

 

Langkah pertama, akses https://www.shopee.co.id/ yang tampilannya akan seperti ini.

Klik Daftar, menunya ada di sudut kanan atas.

Selamat!

Masukan Nomor Telpon anda dan masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel. Lengkapi username, sandi dan juga chaptca kemudian klik verifikasi. Setelah berhasil mendaftar, silahkan login kembali. Selanjutnya lengkapi data akun anda dengan klik nama akun anda yang ada di sudut kanan atas. pilih Akun Saya.

Jika sudah anda harus lengkapi data dirimu serta memasukan nomor rekening, alamat dan foto profil toko anda serta email. Jangan lupa untuk mengeklik simpan.

 

Setelah pendaftaran selesai, buka tokomu dengan mengeklik menu Jual yang ada di sudut kiri atas. Nah, untuk mengakses tokomu / seller center, kamu juga bisa klik link https://seller.shopee.co.id/.

Dashboard Seller Shopee

Di Seller Center ada beberapa menu antara lain produkku, kategori tokoku, penjualan saya, promosiku, penghasilan saya shoopeepay juga pengaturan tokonya. Langkah awal, masuk ke pengaturan toko. Untuk memulai berjualan, kamu perlu melengkapi data deskripsi toko dan jasa kirim saya. Pilih ekspedisi yang ingin kamu sediakan untuk pembeli, jika memungkinkan banyak jasa ekspedisi yang digunakan, tidak masalah.

Setelah itu anda bisa langsung mengunggah produk anda di shopee. Coba perhatikan kotak-kotak yang ada di kanan atas, Sebelah nama akun anda, itu adalah dashboard anda untuk mengelola toko di shopee. Disitu anda bisa menjual barang, mengecek penghasilan, mengatur toko, dan promosi.

 

Bagaimana cara untuk menjual barang? Adalah anda harus menekan menu produkku. Klik tanda + untuk menambahkan produk baru. Unggah foto, beri judul yang menarik, isi deskripsi, berat barang serta varian kalau ada. Jangan lupa pilih jasa pengiriman dan ketegori produk setra produk tersebut baru atau bekas.

Diusahakan untuk mengunggah minimal sehari sekali agar toko anda ada barang baru setiap harinya. Perbanyak produk untuk memberikan pilihan kepada pembeli saat mampir ke toko anda.

Saat ada transaksi, anda akan mendapat notifikasi melalui email. Bisa juga di cek di dashboard toko anda yang ada di kanan atas tadi. Kirimkan pesanan sesegera mungkin agar reputasi toko anda semakin baik. Untuk memantau penjualan, anda bisa melihatnya di menu penjualan saya. Di situ ada kolom semua, belum dibayar, perlu dikirim, dikirim, selesai, pembatalan dan pengembalian.

Catatan penting, untuk Shopee, kirimkan produk sesuai kurir yang dipilih pembeli. Dan saat ada transaksi yang menggunakan jasa kirim J&T, anda harus mengirimkannya menggunakan resi otomatis. Karena jika anda mengalihkan pengiriman ke ekspedisi lain, akan memakan waktu untuk memprosesnya dan membutuhkan bantuan costumer service dari shopee.

Setelah transaksi selesai dan tidak ada masalah, dana penjualan akan masuk di Penghasilan Saya. Sedangkan untuk mencairkan dana anda bisa masuk di menu ShopeePay. Pilih nomer rekening yang akan diteruskan dananya.

Cukup mudah bukan untuk berjualan online di Shopee? Jualan online tidak serumit yang dibayangkan. Asal anda mau dan tekun untuk terus belajar, dan mengupgrade diri tentang ilmu berjualan.

 

Sedikit tambahan, untuk meningkatkan penjualan anda, jangan sungkan untuk share ke sosial media setiap kali anda selesai menggunggah produk baru. Itu bisa menambah relevansi produk anda di marketplace setiap orang mengeklik produk anda. Selamat mencoba dan tetap semangat untuk berjualan!