Cara Mudah Berjualan di Marketplace Tokopedia – Beberapa usaha yang dijalankan dengan modal kecil, ialah dengan jualan online. Kita nggak perlu sewa tempat atau ruko, mengapa? Karena kita cukup menggunakan smartphone, laptop, PC dan akses internet yang mendukung. Banyak marketplace di Indonesia, selain Bukalapak ada juga Tokopedia. Jika kamu ingin bisa berjualan di Tokopedia, sangat mudah sekali dan tentunya nggak perlu bayar.

Tidak perlu berpanjang lebar ya, bagaimana Cara Mudah Berjualan di Marketplace Tokopedia, ini dia caranya:

Pertama kali anda haru login terlebih dahulu ke websitenya, https://www.tokopedia.com/ kemudian langsung saja ke halaman tokopedia. Jika anda belum memiliki akun, anda bisa membuat terlebih dahulu dengan nama dan email, kemudian verifikasi email dan nomor ponsel anda.

Pendaftaran Akun

Setepah proses Pendaftaran Akun, cari menu yang ada tulisannya ‘buka toko’. Isikan semua data dan informasi soal toko yang ingin kamu buka.

Yang perlu diperhatikan adalah memberi nama toko, anda harus memilih nama yang belum pernah orang pakai. Harus nama yang beda, dari yang sudah ada. Isi informasi toko dari nama tokonya, slogan yang dipunyai, deskripsi tokonya, dan asal pengiriman kamu. Jangan lupa untuk memasang logo, gunakan logo yang unik ya.  Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini untuk, gambarnya:

Buat Nama Toko

isi informasi toko

Lokasi Asal Pengiriman

Pilihan Jasa Pengiriman

 

Kedua, menambahkan produk barang yang akan di jual di toko kita. Karena proses pertama pembuatan toko selesai, saatnya kita mulai menambahkan produk. Dimulai dari nama produk, deskripsi produk, kategorinya masuk barang apa? Misalnya elektronik, fashion wanita dan lain sebagainya tinggal disesuaikan saja. Kemudian tentukan harga yang ingin dipajang. Selesai.

 

Ketiga, adalah menunggu pembeli melakukan transaksi di tokomu. Sembari menunggu transaksi masuk, anda bisa juga menambahkan barang jualan pasti yang dijual lebih dari 10 produk bukan? Transaksi yang masuk akan ada pemberitahuan lewat email, dan bisa juga pembeli sebelum melakukan transaksi akan menanyakan ketersediaan barangnya.

 

Pesanan baru yang masuk bisa dilihat dalam menu ‘penjualan’, Setelah itu proses pesanan baru tersebut dengan mengklik menu ‘terima pesanan’, dan ‘respon pesanan’. Apabila stok barang yang kita punya habis, kita juga bisa membatalkan pesanananya lho! Pilih saja, ‘tolak pesanan’, dan isikan alasan yang kita punyai pada ‘alasan penolakan’ misalnya ukuran yang diminta habis, atau warna yang dimau konsumen tidak ada.

 

Tetapi bila pesanan kita proses, langkah lanjutannya adalah dengan memasukkan konfirmasi pengiriman. Centang pesanannya, kemudian kita masukkan resinya berapa klik konfirmasi.  Hal selanjutnya cukup mengklik ‘ya’ untuk menyelesaikan konfirmasi pengiriman yang kita lakukan kepada konsumen. Tinggal lacak deh pengiriman yang kita lakukan sampai dimana. Apabila kita ingin tahu statusnya ada di mana klik saja ‘lacak’.

 

Barang yang terkirim kepada pembeli, dan pembeli konfirmasi barangnya anda tinggal menunggu dana yang masuk ke saldo Tokopedia kita. Tetapi nggak perlu takut uang kita nggak masuk, karena dalam 3 hari setelah pihak logistik menyatakan barang yang kita kirim sampai. Dana pun akan segera masuk di saldo Tokopedia, dan tinggal tarik dana deh sesuai dengan rekening yang anda daftarkan. Mudah bukan untuk berjualan online? Asal kita mengikuti proses dan tahapannya dengan benar. Lakukan promosi ke teman-teman anda juga jejaring sosial yang anda punya, kabarkan kepada mereka jika anda mempunyai toko dan berjualan dengan sistim siap antar menggunakan jasa ekspedisi andalan. Nggak perlu panas-panasan, nggak perlu ketemuan cukup dalam  satu genggaman.