Cara Jualan Produk di Lazada – Bisnis online memang bisnis yang bisa diremote dari mana saja, pun bisa dikerjakan dari rumah. Salah satunya adalah berjualan lewat Lazada. Agar bisnis online kita semakin dikenali masyarakat. Tapi berjualan online di Marketplace Lazada ini agak berbeda dengan cara berjualan di Bukalapak ataupun Tokopedia. Pada Awalnya, Lazada selalu konsen pada penjualan sistem B2C yaitu dimana Penggiat Bisnis / Produsen Utama (Businesses) langsung menjual produknya ke konsumen (Costumer). Namun berbeda kali ini, Lazada sudah mulai merangkul penggiat usaha UMKM juga untuk bisa menjual produknya di Lazada. Menarik sekali bukan?

Bagaimana sih cara berjualan di Lazada? Baiklah kami akan sedikit membagi, bagaimana cara berjualan di Lazada. Untuk Tahun 2018 ini, Lazada agak berbeda dari cara penjualan tahun sebelumnya. Memang kelengkapan datanya masih sama, seperti yang diperlukan adalah KTP, email, nama toko, serta rekening bank.

Untuk memulainya apa dahulu yang harus kita garap? Berikut adalah tahapan mudahnya:

1. Mendaftarkan Akun

Untuk berjualan di Lazada, pertama kita harus memiliki akun. Dan cara mendaftar akunnya kita perlu menuju, https://sellercenter.lazada.co.id/ di browser anda. Setelah itu klik menjadi penjual yang ada di sudut kiri bawah. Jenis Akun pilih yang perorangan (untuk usaha pribadi). Isikan nomor telpon anda, serta geser untuk verifikasi nomor telpon. Kemudian klik ‘daftar’

2. Mengisi Alamat

Setelah pendaftaran akun selesai, lengkapi data toko anda dengan menambahkan alamat anda. Isikan alamat lengkap anda untuk mempermudah proses perhitungan ongkir, di sistem Lazada. Cek kembali alamat lengkap anda, jangan sampai salah ya?

3. Unggah Produk

Berbeda dengan proses pendaftaran Lazada yang sudah-sudah. Di tahun 2018 ini, Lazada merubah proses pendaftarannya. Yang mana proses pendaftarannya sendiri, anda harus mengunggah atau mengupload produk terlebih dahulu. Kemudian baru nomor rekening. Siapkan foto produk terbaik anda, beserta deskripsi yang menarik untuk produk anda agar konsumen memahami apa yang anda jual. Unggah produk untuk kali ini juga berbeda jauh dengan sebelumnya, mengapa? Karena akan ada template tampilan yang bisa kita atur untuk produk yang anda unggah. Pilih unggah produk maka tampilan yang ada, adalah sepert ini.

Isikan nama produk dan kategori produk anda. Di kolom Highlight, tuliskan deskripsi singkat tentang produk anda yang menurut anda akan mengena pada saat calon pembeli membacanya. Sehingga memutuskan untuk melihat lebih jauh tentang produk yang anda punya. Hal tersebut akan memperbesar peluang calon pembeli, untuk membeli produk anda.

Product Description, Ini adalah template yang baru. Di sini anda bisa mengatur tampilan yang sesuai dengan produk anda sehingga user interface nya sesuai dengan produk anda. Beruikut adalah tampilan pengolahan templatenya. Klik gambar yang sudah ada, klik lambang gambar yang ada di sudut atas gambar. Ganti dengan gambar produk anda, dan sesuaikan deskripsinya, klik ‘Simpan’ setelah anda selesai melakukan perubahan.

4. Memverifikasi Informasi Identitas

Setelah produk selesai diunggah. Langkah selanjutnya adalah memverifikasi data diri anda. Sebelumnya, siapkan foto depan dan belakang kartu identitas anda. Karena nanti akan diperlukan untuk diunggah dalam proses verifikasi data anda. Pilih data diri yang akan dimasukan, nama lengkap serta nomor identitas diri. Kemudian unggah foto kartu identitas anda dan kirim.

Selamat, identiitas diri anda berhasil diverifikasi.

5. Mohon Isi Informasi Akun Bank

Setelah verifikasi data diri. Masukan akun bank anda untuk pencairan dana. Siapkan juga foro Buku Tabungan yang menampilkan nomor rekening dan bank asal.

Selamat, akun anda berhasil dibuat dan diverifikasi. Lakukan proses pengunggahan produk anda yang lain untuk mengisi toko anda di Lazada.com. Dan ini adalah produk yang sudah berhasil diunggah.

 

Berikut adalah dashboard anda untuk memantau transaksi. Di Lazada, pengiriman defaultnya adalah JNE. Di dashboard anda bisa memantau sampai mana update pengiriman produk anda.

6. Pencairan Dana

Setelan barang sampai ke pembeli, anda tidak bisa langsung mencairkan uang langsung kek rekening anda. Mengapa? Karena di Lazada uang akan langsung ditransfer ke rekening anda, oleh pihak lazada. Waktu yang biasanya dibutuhkan adalah seminggu. Sedangkan untuk penggantian ongkos kirim barang akan ditransfer, pada dua minggu setelahnya. Memang sih waktu yang dibutuhkan di Lazada ini, agak berbeda dari marketplace yang lain.

Sudah siapkah anda untuk melebarkan jangkauan pemasaran anda di Lazada ? Selamat berjualan.