Cara Berjualan di OLX Indonesia – Pernah melihat iklan di Televisi mengenai tokobagus.com, yang dulu sering banget wara-wiri? Nah dulunya OLX ini bernama tokobagus. Di OLX anda nggak hanya bisa beli barang, tapi anda juga bisa menjual barang juga. Baik barang yang masih baru maupun barang yang bekas, harga yang dibandrol di OLX sangat bersaing. Jadi anda harus selektif, dalam memilih reputasi penjualnya. Agar terhindar dari penipuan, karena banyak sekali yang curang dan berlagak menjadi penjual dengan harga yang nggak masuk diakal.

Cara jualan di OLX itu gratis ya gaes, nggak perlu bayar. Cara jualan di OLX yang harus pertama kita lakukan adalah mengakses laman webnya di ( olx.co.id ). Langkah selanjutnya kalian pantengin caranya di sini ya:

 

  1. Setelah menuju web browser sitenya olx.co.id, yang perlu kita lakukan setelahnya adalah menekan menu ‘akun saya’. Pada menu akun saya, akan ada jendela baru yang berisikan daftar atau masuk jika anda sudah punya akunnya. Jika anda belum memiliki akun langsung saja kilk ‘daftar’. Tapi kalau anda malas membuat akun, anda bisa langsung mengklik tulisan log in dengan akun facebook atau log in dengan akun Google. Sangat dimudahkan bukan?

 

  1. Jika anda memilik untuk mendaftar, yang perlu dilakukan adalag mengisi kolom email, pasword dan mengulangi pasword yang diketikan tadi. Centang syarat dan ketentuan yang diberlakukan OLX.co.id dan klik menu ‘daftar’ lagi. Hasilnya anda tinggal mengaktifkan akun anda, dengan menuju ke email.

  1. Log in ke email anda, kemudian cari email dari OLX lantas verifikasi dengan cara mengaktifkan akun saya.

 

  1. Isi data anda dengan mengklik menu ‘akun saya’ ada pilihan profil, pengaturan dan lain sebagainya. Yang perlu anda isikan adalah bagian yang penting untuk arus jual beli anda. Isi dengan kalimat yang baik, agar pembeli bisa merasakan kenyamanan saat berkunjung ke akun anda.

Tips mengisi data OLX dengan benar

 

  • Unggah foto, saat anda akan mengunggah foto pilihlah foto yang baik. Dengan ukuran 80 x 80 px ya!

 

  • Nama lengkap, isikan sesuai dengan KTP yang berlaku. Apabila anda menggunakan nama yang asal-asalan, kredibilitas toko anda juga ikut kurang bagus. Gunakan nama brand anda saja, misalnya apple store.

 

  • Provinsi dan kota, bisa diisikan dengan posisi barang dagangan anda dimana.

 

  • Nomor telepon atau nomor ponsel anda, isikan yang benar. Agar ketika pembeli menelepon anda, langsung bisa mengangkatnya.

 

  • Isikan segala media sosial anda, yang mendukung untuk jualan. Dan lengkapi biodata dengan singkat mengenai jualan anda. Isikan juga kata-kata yang bagus, agar pembeli juga menghargai toko yang anda buka di OLX. Klik simpan, setelah semuanya terisi dengan benar.

 

Cara memasang Iklan di OLX.co.id

 

  • Jika tahap di atas telah anda praktikkan, berarti sekarang anda sudah memiliki akun jualan di OLX. Tahap selanjutnya adalah memasang iklan di OLX, langkah pertama untuk memulainya adalah:

 

  • Menyiapkan produk yang akan dijual. Apakah menggunakan produk sendiri, atau anda hanya sebagai perantara. Pastikan produknya ready, jangan sampai ketika ada yang pesan dalam jumlah banyak anda jadi kelabakan. Akhirnya anda dicap sebagai penjual yang kurang kredible.

 

  • Sebelum menyeting harga, lakukan riset di OLX. Dibandrol berapa harga jual produk yang sama dengan anda. Pastikan harga bersaing anda, seting lebih murah dari yang lain. Karena di OLX ada sistem sortir harga, maka harga yang termurah biasanya paling sering dilirik.

 

  • Mempersiapkan foto yang bagus dan deskripsi yang menarik. Foto adalah hal yang paling utama, dalam membeli barang online. Maka buatlah foto yang nyentrik, sehingga pembeli anda tertarik. Tunjukkan foto asli anda, bukan hanya sekadar ambil di internet.

 

  • Beberapa tahapan di atas sudah selesai anda jalankan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah posting iklannya. Mudah sekali untuk memasang iklan di OLX ini. Dengan sistem approval manual, apabila anda mengisi data sesuai dengan peraturan yang diberlakukan OLX. Jangan sampai melanggar ketentuan, pasti kemungkinan besar produk anda akan langsung diterima. Jadi perhatikan dengan benar cara memasang iklannya.

 

  • Bagian paling penting adalah bila produk anda telah habis, sebaiknya hapus saja iklannya. Agar pembeli lainnya tidak kecewa. Cara menghapusnya sendiri mudah, anda cukup masuk kepada halaman iklan. Klik dan masuk pilih menu ‘hapus’. Semoga sedikit tutorial berjualan di OLX, dapat membantu anda yang ingin berjualan di sana.