5 Langkah Cara Berjualan di Bukalapak – Di dunia yang serba canggih ini, zaman yang berkembang pesat dimana internet seolah menjadi kebutuhan sehari-hari. Yang mana dunia seolah hanya, dalam gengaman tangan saja. Sayang banget kalau dilewatkan dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi aktivitas dalam jual beli pun, tidak kalah ketinggalan lewat media online.

 

Banyak yang telah sukses dalam berjualan online, yang awalmulanya coba-coba jadi ketagihan karena pasarnya bisa luas mendunia. Berbeda kalau kita hanya jualan di pasar, kalangan pembelinya pun terbatas. Tidak ada salahnya jika anda pun ingin mencoba, mengadu nasib untuk berjualan online seperti yang telah sukses. Tetapi adakalanya bingung, tidak tahu harus memulai langkah dari mana. Jadi kami akan membeberkan 5 Langkah Cara Berjualan di Bukalapak, tidak ada pungutan biaya alias gratis.

 

  1. Membuat akun dan menjual barang

Kalau anda sudah niat akan berjualan, pastinya anda sudah menentukan barang yang akan dijual bukan? Nah, barang yang ingin anda jual ini tinggal diupload saja di halaman ‘jual barang’ yang mana letaknya di header website Bukalapak.

Tetapi sebelum itu, langkah pertama yang harus dilakukan dengan membuat akun lebih dahulu ke laman : https://www.bukalapak.com/ tinggal klik saja kolom ‘daftar’, kemudian anda disuruh untuk mengisi formulir pendaftaran. Setelah itu, tahap selanjutnya anda harus menentukan nama toko online di Bukalapak. Sebaiknya menggunakan nama yang unik, dan gampang diingat. Begitu juga dengan password, sebaiknya mencari yang mudah diingat agar tidak kesulitan nantinya jika lupa. Setelah itu baca juga syarat dan ketentuan dengan baik, setelah itu isi check list ‘setuju’. Yang berarti anda telah melakukan kesepakatan bersama dengan Bukalapak. Klik menu ‘daftar’, dan proses pendaftaran segera diverifikasi. Tanda email diverifikasi, akan ada pemberitahuan via email dan anda harus mengklik link yang dikirimkan. Mengapa? Agar akun Bukalapak langsung aktif.

 

Jika formulir telah diisi dengan lengkap, saatnya anda memasukan nomor telepon yang aktif. Selain itu anda juga harus memasukkan alamat email yang aktif. Karena untuk menjadi pelapak, di Bukalapak proses pendaftaran akan membutuhkan verifikasi keduanya.

Proses pendaftaran akun selesai. Namun, sebelum anda memulai proses penjualan produk, kini anda haru melengkapi data diri yang penting terlebih dahulu, seperti:

MENU YANG HARUS DILENGAPI
 Akun  Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin
 Alamat  Alamat Rumah / Kantor yang bisa dijadikan acuan untuk perhitungan biaya kurir nanti
 Lapak  Penjelasan tentang lapak anda
 Pengiriman  Jenis Ekspedisi yang ingin kamu sediakan untuk Pembeli
 Rekening Bank  Untuk Pencairan dana setelah transaksi penjualan anda selesai

 

Setelah selesai mengedit, pastikan anda klik tombol simpan agar perubagan yang anda buat tersimpan di database Bukalapak. Tampilannya nanti akan seperti ini :

 

Jika akun jualan anda telah diverifikasi, itu artinya tahap selanjutnya anda tinggal mengunggah barang jualan. Lengkapi data dan deskripsi barang jualan. Seperti judul barang, kategorinya apa, beratnya berapa, kondisinya baru atau bekas, harganya berapa, stoknya ada berapa, dan beberapa detail lainnya. Misal ada beberapa variannya, ada video tutorial pemakaiannya, label dan juga tag. Jika informasi barangnya sudah komplit, anda tinggal klik menu ‘jual’.

 

  1. Promosi barang jualan

Di marketplace Bukalapak, kita bisa memromosikan barang jualan dengan beberapa fitur bawaannya lho! Misalnya menggunakan: fitur push, fitur promoted push, dan bisa juga membagikan link jualan anda ke facebook dan instagram yang anda gunakan.

 

  1. Mengelola transaksi penjualan

Untuk transaksi di lapak yang masuk, biasanya Bukalapak akan memberitahukan kita lewat SMS atau lewat email. Kita cukup mencarinya di halaman transaksi yang mana ada di header website Bukalapak.

Status transaksi yang ada di Bukalapak memiliki beberapa ikon, sesuai dengan prosesnya. Proses transaksi sendiri ada 5 status, seperti:

  • Semua, berarti apa yang ditampilkan di layar monitor adalah semua transaksi penjualan anda baik itu belum dikirim, sudah dikirim maupun sudah selesai.
  • Butuh Tindakan, berarti barang telah dipesan oleh pembeli dan anda perlu memprosesnya untuk mengirimkan barang sebelum batas waktu pengiriman berakhir. Lebih cepat anda proses, lebih baik.
  • Dibayar, berarti pembeli telah melakukan pembayaran ke akun Bukalapak. Proses lanjutannya, kita tinggal klik ‘proses pesanan’ agar transaksi mulai berjalan.
  • Diproses, yang berarti anda sebagai pelapak bersedia mengirimkan barang pesanan ke alamat yang tertera dalam transaksi.
  • Dikirim, barang yang telah kita proses packing dikirimkan sesuai jasa ekspedisi yang dipesan pembeli, lantas kita tinggal memasukkan nomor resinya ke kolom yang disediakan.
  • Diterima, berarti pembeli telah menerima barang yang kita kirim. Ikonnya nanti akan berubah, menjadi check list.
  • Selesai, berarti pembeli telah mengkonfirmasi penerimaan barang. Yang kemudian, uang jual beli diteruskan agar masuk ke BukaDompet milik kita di akun Bukalapak.

 

  1. Pengemasan dan pengiriman barang

Yang perlu digaris bawahi ini, adalah pesanan baru atau transaksi yang masuk ke halaman transaksi apa yang dipesan. Apakah barang masih tersedia? Jika iya segera proses, jika tidak kendala apa yang terjadi? Misal adanya warna sisa, dan yang diminta pembeli tidak ada. Maka kita bisa melakukan chating, melalui fitur chat jika barang yang ready bukan yang diminta. Kalau tidak masalah, berarti tinggal klik ‘proses’ lantas kemas barang dengan baik dan menarik.

Lakukan pengecekan alamat sekali lagi, apakah sudah benar beserta nomor teleponnya. Sudah benar tidak jasa ekspedisinya, liat juga deadline kapan terakhir barang dikirimkan. Jika sudah kirimkan barang, dan tunggu konfirmasi dari pembeli agar uang yang ditransfer pembeli bisa diteruskan dari Bukalapak ke kita melalui BukaDompet. Jasa pengiriman dalam buka lapak, ada 3 jenis.

Sameday service, yang mana kita tinggal memanggil kuris jasa pengiriman yang diminta pembeli. Kurir inilah yang akan mengantarkan barang kita, ke pembeli.

Resi manual, yang mana kita tinggal memasukkan nomor resi sesuai dengan jenis jasa ekspedisi yang diingkan pembeli. Misalnya pembeli menginginkan menggunakan ‘pos’ kita harus mengirimkannya menggunakan pos, dan resinya tinggal kita masukkan. Jangan mintanya pos malah dikirim dengan jasa ekspedisi lain.

Resi otomatis, yang mana kemudahan sangat didapatkan dengan pengiriman resi otomatis. Anda tinggal mencetak, atau memilih resi otomatisnya di antar ke konter jasa ekspedisinya atau kurir yang menjemputnya. Yang perlu kita tunggu statusnya berubah menjadi ‘dikirim’.

 

  1. Menerima uang dan mendapatkan feedback positif

 

Pengiriman telah selesai, tinggal menunggu pundi-pundi rupiah masuk ke Bukadompet. Selain itu anda juga bisa melakukan pencairan uangnya, klik halaman Bukadompet, lantas pilih rekening yang akan anda gunakan untuk mencairkan uangnya.

Uniknya di Bukalapak ini, feedback dan reputasi akan menunjukkan reputasi lapak yang kita punya. Semakin banyak transaksi masuk, feedbacknya pun semakin meningkat dan level reputasi akan berubah. Dari yang user ke pedagang, pedagang ke pedagang besar, pedagang besar ke calon juragan dan seterusnya. Semakin banyak feedback dan reputasi lapak, maka lapak kita akan menjadi terpercaya dan memiliki nilai positif dari yang lainnya. Ya kan, jualan di Bukalapak nggak serumit yang kita pikirkan? Yuk coba dipraktikan!

Karena cara mudah merubah dunia ialah, dengan merubah diri sendiri dahulu untuk menjadi lebih baik.