Ambil smartphone mu dan foto sekeliling mu, tentu semua orang bisa melakukannya. Tapi, seorang fotografer akan menghasilkan foto yang lebih menarik dan ciamik tentunya. Untuk menghasilkan foto yang ciamik dan menarik, harus memperhatikan fokus, exposure, komposisi warna dan pengeditan foto. Artikel kali ini akan memberikan 10 Tips Photography dengan Smartphone.

Tips iPhone Fotografi Mobile 26

Kita mulai yuk Tips nya! Biar makin jago dalam fotografi.

1. Bersihkan Lensa

Smartphone mu menghabiskan banyak waktu di saku, tas, tangan, alhasil saat mengambil foto. Debu, kotoran, atau sidik jari pada lensa akan mempengaruhi kualitas gambar. Hasil foto yang diambil tidak memuaskan seperti kabur, gelap, dan lain lain.

Mobile Photography iPhone Tips 24

Maka dari itu, bersihkan lensa smartphone mu, agar foto yang dihasilkan tajam, dan bersih. Setiap kali ingin mengambil foto, bersihkan lensa dengan kain lembut. Jika tidak, lensa akan tergores dan foto menjadi kurang baik.

2. Tetapkan Fokus

Hal yang paling penting dalam mengambil foto yaitu memastikan bahwa foto menghasilkan fokus yang tajam. Untuk fokus, cukup sentuh layar smartphone ke objek. akan ada kotak kuning ( beda smartphone, beda tampilan frame ) yang akan muncul untuk menkonfirmasi titik fokus.

Bila objek bergerak, pastikan telah sentuh layar smartphone sebelum mengambil foto untuk memastikan fokusnya.

Tips iPhone Fotografi Mobile 1

Ketika kamu sudah merasa puas dengan foto, kamu bisa membuatnya lebih kreatif / menarik dengan aplikasi tambahan seperti Snapseed, Lightroom, atau yang lain untuk memberikan efek blur pada background.

Mobile Photography iPhone Tips 23

3. Atur Exposure Secara Manual

Ketika kamu sentuh object untuk fokus, kamera juga akan menggunakan titik fokus untuk mengatur exposure. Apa itu exposure? Exposure adalah proses penangkapan cahaya ( lighting ). Intinya hanya mengacu pada seberapa terang atau gelap gambar.

Membiarkan smartphone mengatur exposure otomatis tidak selalu ideal. Contohnya ketika objek gelap di area frame, itu akan membuat foto terlalu terang atau vice versa.

Mobile Photography iPhone Tips 2

Contoh diatas menggunakan IOS 8, dimana Apple memperkenalkan atur exposure secara manual, dengan cara menggeser tanda matahari keatas ( untuk terang ) atau kebawah ( untuk gelap ). Ketika sudah puas, lepaskan jarimu dari layar. Mungkin smartphone yang lain pun sudah dibekali dengan dengan exposure manual.

4. Jangan Gunakan Zoom

Smartphone memiliki fungsi zoom dimana kamu bisa menggunakan dengan mencubit / merenggangkan kedua jari di layar.

Sayangnya, itu adalah digital zoom bukan optical zoom, dimana saat gambar diperbesar akan terpotong dan menghasilkan gambar dengan kualitas buruk.

Ketika ingin mengambil gambar dengan jarak jauh, jangan gunakan zoom. Dekatilah objek dan foto objek tanpa menggunakan zoom. Hasil foto akan lebih baik.

Cara alternatif nya dengan memotong gambar secara manual. Dengan begitu, kamu bisa memotong gambar secara leluasa.

Mobile Photography iPhone Tips 3

Seperti contoh diatas, kapal dan mercusuar berada sangat jauh di pelabuhan dan sangat kecil di foto yang asli. Kamu tidak bisa mendekati kedua objek itu, alhasil kamu akan jatuh kedalam air. Solusinya dengan memotong foto agar terlihat lebih dekat.

5. Pastikan Kamera mu Tetap Tegap

Memastikan kamera mu tetap tegap adalah hal penting dalam memotret ketika kurang pencahayaan / malam hari. Ketika mengambil foto dalam kondisi tersebut, kamera akan menggunakan “low shutter speed” agar mendapatkan cahaya yang lebih banyak. Masalahnya ketika mengambil foto, kamu terlalu banyak bergerak sehingga foto yang dihasilkan kabur.

Mobile Photography iPhone Tips 4

Untuk menghindari hal tersebut, pegang smartphone mu dengan kedua tangan atau taruh ditempat dengan bidang datar. Kamu juga bisa gunakan tripod.

Ketika menggunakan tripod, kamu bisa ekstra hati-hati dengan menggunakan timer saat memotret. Taruh smartphone pada tripod dan atur timer pada 3 detik.

Ketika foto diambil tanpa menyentuh smartphone, itu berarti kamera sempurna untuk mengambil gambar. Kamu bisa menggunakan tripod saat ditempat yang kurang akan pencahyaaan.

Buildings iPhone Photos 13

Trik lainnya yaitu memasang headphone pada smartphone dan tekan tombol volume pada headphone untuk mengambil foto. Itu berarti kamu bisa menaruh smartphone di tripod dan mengambil foto sempurna tanpa menyentuh layar, untuk menghindari terjadi goyang pada smartphone.

 6. Ambil Foto dari Sudut yang Berbeda

Kamu harus melihat sudut pandang yang berbeda ketika mengambil foto di berbagai tempat. Kebanyakan pemula mengambil foto dengan posisi berdiri, tetapi dengan menggunakan smartphone, kamu bisa mengambil gambar dari sudut yang susah digapai oleh kamera lainnya.

Mobile Photography iPhone Tips 9

Kamu coba mengambil foto dari bawah seperti contoh diatas. Teknik ini membuat foto terlihat unik daripada mengambil foto dengan posisi berdiri.

Kamu juga bisa mengambil foto dari atas seperti penglihatan burung. Contohnya anak kecil mendapatkan score terbaik dalam golf. Dengan begitu kamu bisa mengambil foto kegembiraannya atas score yang telah dibuatnya.

Mobile Photography iPhone Tips 10

7. Hindari Latar Belakang yang Mengganggu

Ketika kamu mengambil foto dan ternyata latar belakang / background menggangu object utama, seperti warna tidak serasi, berantakan dan lain-lain, salah satu solusinya yaitu mengubah foto menjadi hitam-putih.

Mobile Photography iPhone Tips 11

Dengan menghapus warna-warni tadi, foto akan nyaman dipandang.

8. Ambil Foto Berkali-kali

Jika kamu melihat sesuatu yang menakjubkan di mata, jangan hanya mengambil foto sekali dan berharap foto itu adalah yang terbaik. Kesempatan mendapatkan foto yang baik dalam satu kali foto sangatlah sedikit. Kamu harus mengambil foto dari berbagai sudut dan jarak.

Mobile Photography iPhone Tips 13

Tetaplah melihat smartphonemu agar mendapatkan ide dalam mengambil foto. Ketika mendapatkan sudut pandang yang bagus, ambil foto 2x dari posisi itu. Ini membantumu dalam mendapatkan komposisi foto yang pas.

Mobile Photography iPhone Tips 14

Kelebihan dari Digital Photography adalah kamu bisa menghapus foto sesukamu. Dan jangan takut dalam mengambil foto, tidak ada yang akan melihat kesalahanmu dalam mengambil foto.

9. Gunakan Mode Panorama

Ada beberapa situasi dimana kamera biasa tidak bisa mengambil foto dengan sudut yang lebar. Contohnya, kamu ingin mengambil foto pemandangan indah, gedung-gedung megah, atau gedung pencakar langit dimana objek tersebut tidak muat di layar smartphone. Disitulah kamu bisa menggunakan mode panorama.

Mobile Photography iPhone Tips 17

Kamu bisa menggunakan mode panorama di pilihan pengambilan gambar. Kemudia pilih mode panorama. Kemudian tentukan titik awal pengambilan foto dari kiri.

Kemudian tekan tombol shutter dan gerakan kamera secara perlahan-lahan dari kiri ke kanan. Ketika sudah sampai di akhir, tekan tombol shutter lagi untuk menghentikan.

Buildings iPhone Photos 7

Usahakan dalam mengambil foto, jangan melalukan gerakan yang tiba-tiba, karena akan membuat foto tidak maksimal hasilnya.

10. Jangan Gunakan Efek Foto yang Berlebihan

Yang terakhir, jangan gunakan efek foto yang belebihan. Banyak aplikasi editing foto yang disediakan, dan kebanyakan pemula menggunakan banyak aplikasi dan memberikan efek yang berlebihan pada foto. Itu akan membuat foto menjadi kurang baik.

Mobile Photography iPhone Tips 18

Sebelum menggunakan aplikasi, sebaiknya kamu memikirkan komposisi foto yang pas. Semua aplikasi bekerja baik dalam memberika efek foto.

Kesalahan yang banyak dilakukan pemula yaitu berlebihan menggunakan efek HDR. HDR ini sangat membantu kamu untuk memberikan detail yang lebih.

DI foto ini, efek HDR yang diberikan menggunakan aplikasi Snapseed dengan pengaturan maksimum. Kemudian menambahkan beberapa burung dan petir menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Mobile Photography iPhone Tips 19

Itulah 10 Tips Photography dengan Smartphone layaknya Profesional. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Foto & Sumber : https://iphonephotographyschool.com/mobile-photography-tips/