Sekuat apapun, sebagus apapun sablonan dalam kaos, kalo asal aja pakenya alias ga di rawat ya sama juga bohong. Pasti gampang ambrol itu sablon. Kecewa kan? Apalagi itu kaos kesayangan ataupun kaos koleksi yang jumlahnya terbatas. Wih, pasti gemes rasanya

Karena itu kalo mau awet, kaos juga harus di rawat ya. Gimana sih cara merawatnya?

1. Cuci kaos dalam keadaan dibalik

Sebelum di cuci, sebaiknya balik dulu kaosnya, yaitu sablonan ada didalam dan bagian dalam ada diluar. Emang Ngaruh? Banget !! kalo nggak di balik, apalagi kalo di masukin mesin cuci,  ya siap-siap aja kecewa karena sablonan kaos akan berkurang hasilnya. Entah itu pecah ataupun rontok.

2. Jangan Rendam Kaos Terlalu Lama

Usahakan merendam kaos tidak lebih dari 1 jam untuk kaos yang sudah lama, sedangkan kaos baru malah tidak boleh lebih dari 30 menit. Deterjen bisa menyebabkan sablon pada kaos kesayangan kita cepat rusak. Baik itu kaos distro buat cowok ataupun cewek.

3. Jangan Diperas Terlalu Lama

Di peras itu berarti kain di tarik, ketika kain di peras maka sablonan pasti akan ketarik. Sekuat apapun sablonan, kalo bolak balik di tarik pasti akan pecah juga. Itu aja sablon, karet timing belt mobil aja bisa kendor. Jadi sebaiknya kalo peras kira-kira ya. Jangan sampe terlalu keras, dan diusahakan jangan dibagian yang ada sablonannya

4. Jangan Disikat Dibagian Sablon

Ini kebiasaanya ibu kita nih, nggal puas kalo cucian belum di sikat. Makanya kalo masih di cuciin emaknya, jangan lupa bilang “Mak, sablonannya jangan di sikat ya. Kalo mau disikat bagian dalemnya aja. Itupun pake sikat gigi aja. Pelan-pelan ya mak”.

5. Jangan Dipakai Saat Ke Pantai / Laut

Lihat pantai emang bikin kita nggak tahan untuk main ombak, apalagi bareng sama temen-temen. Tapi inget, main ombak mending ga usah pake baju, apalagi kaos kesayangan. Dijamin deh abis main ombak tuh sablonan pasti akan berkurang kualitasnya. Besi aja bisa berkarat, apalagi cuma sablonan.

6. Jemur Terbalik

Sinar matahari dapat mengakibatkan warna kaos dan sablon kalian memudar. Oleh karena itu sebelum menjemur kaos yang telah di cuci sebaiknya di balik terlebih dahulu agar sablon tidak langsung menghadap ke matahari.

7. Sablon Jangan Di Setrika

Namanya sablonan kalo kena panas ya lumer, yang ada jadi rusak deh tuh sablonan kaos kalian. Tapi masa nggak disetrika? Lecek dong. Nah solusinya kalo emang mau di setrika, dibalik deh tuh kaosnya, setrika bagian dalamnya. Tapi inget ya? Jangan kepanasan, kalo kepanasan ya sama juga bohong.

8. Hindari Penggunaaan Pemutih

Jangan sampe kaos kalian kena pemutih ya. Baik pemutih pakaian, pemutih gigi, pemutih wajah dan pemutih-pemutih yang lain. Yang ada nggak cuma sablonannya yang rusak, tapi kaosmu juga rusak.

9. Pakai Seperlunya

Jangan pake kaos kesayangan kalian untuk main bola, main di sawah, main di laut dan lain-lain. Terus jangan sekali-kali kaos kesayangan dipake ketika ngepel. Kan sayang, kaos mahal dipake ngepel. Pake Lap Pel aja. Kalo mandi mending lepas aja biar awet. Intinya gunakan seperlunya aja ya.

10. Jangan Pakai Kaos Distro Saat Tidur

Ini agak repot nih. Kalo udah capek dan ngantuk, seringkali udah nggak kepikiran untuk ganti baju. Langsung dikasur, tepar. Kaos kesayangan masih di pake. Nggak ada yang ngelarang sih, cuma biar awet tuh kaos, mending ganti baju dulu deh, atau lepas aja tuh kaos nggak usah pake baju.

Nah tadi 10 Cara Gampang Merawat Kaos Distro dari cara mencuci, sampai penggunaannya. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa share ke teman-temanmu ya!